Rabu, 25 April 2012

NAUTIKA
 
1.    Terdapat di manakah biasanya Broken stowage dan sebutkan rumusnya?
-palkah2 ujung
-didaerah bilges
-pada susunan muatan paling atas
-di antara muatan itu sendiri
Rumusnya
L=Besarnya BS
V=Volume ruangan
V=Volume muatan yg dmuat di dalam ruangan tersebut
L=V-v:V×100%
2.       Apa yg anda ketahui tengtang LONG HATCH dan tergantung dari apa LONG HATCH?
-Penyusunan /memuat muatan utuk 1jns muatan dlm jumlah yang banyak dalam 1 palkah untuk plabuhan tertentu
Tergantung ;
-Jumlah muatan
-Fasilitas muat/bongkar dri kapal sendiri mau pun pelabuhan bongkar
3.    Sebutkan macam2 haluan dalam ber navigasi?
-Haluan sejati(HS)
-Haluan magnetik
-Haluan pedoman
4.    Perhitungan haluan utara dan selatan,Tempat tolak kapal tempat tolak 02 14.0 S dan 110 40,0 kapal ber layar dengan haluan tepat S sejauh 127 mil.
Diminta tempat tiba?
Jauh 127 L=127
=02 07 S
Tto=02 14,0 s
    L=02 07,0 s
Ttl=04 21,0 S
110 40,0 T
Bu =--   -- --      --
Dan 110 40,0 T
5.       Apa yg di maksud dgn stabilitas?
-kemampuan kpl untuk kembali kpd kedudukan semula setelah mengoleng krn pengaruhdari luar.
6.    Sebutkan prinsip2 umum dalam pe muatan?
-Melindungi ABK dan buruh dari bahaya muatan
-Mlindungi muatan
-Menjaga agar muatan dlaksnakn dgn teratur dan sistematik,shingga biaya skcil mngkin dan bongkar muat dlaksanakan dngan cepat dan aman
-Pemadatan harus sdemikian rupa sehingga Broken stowage sekecil mungkin.
7.       Sebutkan macam2 stabilitas dan jelaskan masing2?
-Stabilitas positif  bila kpl menyenget maka timbul sbuah moment penegak yg akan menggem balikan kapal keke dudukan tegaknya kembali
-Stabilitas netral bila kpl menyenget krna gaya dari luar ,tdk trdpt moment penegak  maupun moment penerus, kapal akan tetap miring dgn sudut senget yg sama.
-Stabilitas negatif bila kpl miring krn gaya2 dari luar ,maka timbullah sebuah moment  yg di namakan moment penerus / heeling moment /capsizing moment dgn demikian maka kpl akan ber tambah mirinng lgi
8.       Diketahui             
Haluan sejati=63 variasi=+2
Deviasi=-5
Carilah haluan magnet,haluan pedoman,dan sembir dan gambarkan ?


    Hm=63
VRASI=+2 – 
     HM=61
Dviasi=-5 _
     HP=66
VAR=+2
DEV= -5 +
SEM= -3
  HS=63
SEM=-3 _
   HP=66
UP  US  UM
                      66    
                   61    
             63
 

9.       Apa pengertian komunikasi dlam pelayaran?
-Hubungan antara kpl dgn kpl atau kpl dgn darat yg hanya mengisyarat kan berita-berita keselamatan .
10.   Apa yg d maksud  OVER STOWAGE dan apa akibatnya
-Muatan yg tdk dpt di bongkar karna terhalang muatan lain datasnya.Ber
Akibat:
-Lamanya kapal d pelabuhan
-kemungkinan ter jadi kerusakan2 pd waktu memindahkan muatan penghalang tadi.

11.   Diketahui
Haluan magnet =260
Variasi=-5
Deviasi=-2
Hitunglah sembir haluan pedoman haluan sejati dan gambarkan?
    Hm=260
Vriasi=   -5+
     HS=255
   HM=260
 Dviasi=-2_
      HP=262
VAR=-5
DEV=-2+
SMBIR=-7
UP UM US
 

          262
                260
                       255
12.   Sebutkan sperang kat bndera isyarat yg brada d kapal?
-26 lmbar bendera abjad/huruf
-10 lmbar bendera ular-ular angka
-3 lmbar bendera  ular2 pengganti
-1 ular-ular/pem balas /pnjawab.
13.   Apa yg anda ke tahui mengenai OVER CARRIAGE:
Dapat berakibat apa dan dapat di cegah dengan cara apa?
-Muatan yg sebenarnya di bongkar di suatu pelabuhan ,ter bawa kepelabuhan pembokaran berikutnya AKIBAT
-Penambahan ongkos pengembalian barang tersebut.
DI CEGAH
-Port Mark,merek2 peti/bungkusan /kemasan barang harus jelas untuk memudahkan pemeriksaan pada waktu menjelang berahirnya pem bongkaran.
14.   Sebutkan titik-titik penting dalam stabilitas  dan jelaskan masing-masing?
-Titik berat kapal(G) :titik tangkap resultante gaya2 berat yang mengarah kepusat bumi .
-Titik Apung(tekan)kapal (B): titik tangkap resultan gaya2 yg menekan badan kpl k arah atas.
-Titik metacentris(M) (titik pusat batas ):sebuah titk yg tidak boleh di lampaui oleh ttitik G agar supaya stabilitas kapal tetap positif.
15.   Melindungi kapal mengandung pencagahan dan menciptakan suatu keadaan dan perimbangan muatan di kapal sehingga kapal nyaman dan layak laut.Sebutkan pembagian muatan di kapal di bagi dalam cara beberapa macam?
a.Pembagiaan muatan secara vertikal(dari bawah k atas)
b.pembagiaan muatan secara longiitudinal(membujur k muka –kebelakang )
c.pembagian muatan secara transfersal(kekiri-kekanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar