Rabu, 25 April 2012


PERAWATAN & PERBAIKAN

Motor bantu diesel  Genzet 650 kva,440 volt,720 Rpm,pd saat dilakukan penggantian minyak lumas baru ruang engkol(crankcase),jelaskan bagian apa yg harus harus diperiksa di ruang engkol dan akibat terlambat penggantian minyak lumas yg sdh melebihi jam kerja?
JAWAB :
Bagian yang harus diperiksa diruang engkol : memriksa kebocoran2 pd crankcase ,memeriksa endapan kotoran/partikel logam,memeriksa bolt2 pengikat metal2 jikalau ada yng longgar,memeriksa bit crankcase
Akibat bl terlambat penggantian minyak plumas motor :
Pelumasan tidak maksimal krn tekanan oli turun diakibtkan vicositas turun, volume oli berkurang mengakibat pellumasan terlambat, mesin mengalami over heat

Dalam perawatan dan perbaikan kompresor udara bertekanan tinggi 30 bar(high presssure) & tekanan rendah 8 bar(low pressure)jelaskan           bagian apa sj yg terpenting yg harus diperiksa diperiksa pd unit kompressor itu dan bagaimana perawatan katup udara tekanan tinggi (high pressure delivery valve)!
JAWAB
Bagian yg terpenting yang harus diperiksa : manometer,safety valve,katup isap,katup tekan.
Bagaimana perawatn katup udara tekanan tinggi : membersihkan secara berkala dari kerak2 terutama pd bibir katup permukaanya hrs rata dengan seting spy kedap nengganti katup bl pegangan pegas sdh lemah atau patah terutama tekanan udaranya sdh lemah

Apa yg dimaksud dgn perawatan & perawtan dibg 3 klompok sebutkn & jelaskan?
Jawab
Perawatan adlah suatu usaha/kegiatan yg dilakukan untuk mempertahankan kondisi suatu material/bahan baik bahan bergerak/tidak bergerak  dlm kondisi baik & tdk mengalami gangguan pd saat digunakan
Perawatan dibagi 3 kelompok yaitu : perawatan berencana, perwatan pencegahan,perawatan pencegahan,perawatan priodik.
Tujuan umum perawatan perbaiakan adalah : memulihkan kondisi suatu mesin yang mengalami kerusakn sehingga mesin kembali pd kondisi normal & dapat berfungsi sesuai kegunaanya dan bertujuan jg mnjaga kondisi suatu mesin spy tetap pd kondisi normal.

Motor diesel (genzet) 600 kva,720 Rpm pd saat melakukan perawatan & perbaikan berkala “top overhoul” jelaskan berapa perkiraan jam kerja bahwa mesin harus dioverhoul?Bagian apa saja yg dilakukan pemeriksaan?
Jawab
Over houls dilakukan setelah jam kerja : antara 8000-15000 jam
Bagian-bagian yg harus diperiksa adalah : pelapis cyl, piston (torak) ring piston, pin piston, dll

Sebutkan pemeriksaan secara umum/perawatn secara umum yang dilakukan tiap hari
Jawab
Mengecek pompa pndingin, mengecek oli hidrolik kemudi, megecek got kamar mesin, mengecek botol angin, membersihkan block AE/ME bl mesin tidak bekerja, membersihkan lantai E/R

Sebutkan permesinan apa sj yang umumnya ditempatkan dlm bengkel kerja dikapal dan jelaskan kegunaannya!
Jawab
Mesin bubut : untuk meratakan bagian luar/dalam benda yg akan di bentuk bulat,membuat ulir,membuat benda2  kerja berbnruk tirus, membuat bentuk tertentu mengikuti bntuk pahat bubut.
Mesin bor : untuk membuat lubang pd benda kerja, membuat bentuk2 tertentu mengikuti permintaan  berdasarkan ukuran mata bor  dengan gerak putaran mesin bor.
Mesin gerinda : meratakan benda kerja yg berbentuk bulat/lingkaran, seperti membersihkan bekas pengelasan,membentuk/meruncingkan benda kerja yg tdk beraturan.
Mesin las : untuk menyambung  benda kerja dengan pengelasan,memotong benda kerja dengan menaikan ampere lebih tinggi,menambal/menutup lubang benda kerja

Jelaskan bagaiman perawatan pompa air laut dinas umum (fire N’general service contrifugal pump) sebutkan komponen dr pump tersebut
Jawab :
Gland paccking diganti baru sesuai dgn runing hours coupling bolt & nut diganti baru & jangan biarkan kendor.
Imfeller,shaft,shaft sleeve,neck bush,neck ring,cashing ring,bearing diperiksa fisiknya.
Penyetelan pompa dgn electro motor  harus benar.
Pada waktu runing jangn sampai mengisap angin(kosong)manometer pressure dan suction hrs diperhatikan
Bersihkan fiter/saringan isap scara berkala

Sebutkan akibat apabila pegas torak(ring piston) MPU sdh tps & aus & kapal tetap trus beroperasi
Jawab
Mengakibatkan lolosnya gas pembakaran melalui celah2 ring piston dan dpat terjadi ledakan diruang engkol sehinnga mesin menjadi rusak

Jelaskan tjuan umum sistem perawatan terencana dikapal anda(maintenance system)
-untuk memperoleh pengoperasian kapal yg teratur
-untuk memperhatikan jenis2 pekerjaan yg penting yang menyangkut waktu operasi
-untuk menjamin kesinambungan pekerjaan perawatan
-untuk mendapatakan informasi umpan balik yg akurat bg kantor pusat
Jelaskan penggunaan alat ukur di bawah ini
Jawab
Inside micrometer alat ukur dengan ketelitian 1/100mm untuk mengukur bagian dlm suatu material(metal duduk & main bearing)
Crank shaft deflection clock alat ukur bgd ketelitian 1/10mm untuk mengukur kelurusan poros engkol mesin diesel
Main engine diagram mengukur besaran tenaga yg ada di dlm ruang pembakaran cyl mesin (tekanan kompresi)

Jelaskan apa saja yg perlu diperhatikan & dilakukan pd saat mempersiapkan parallel 2 buah motor genzet baik pd engine maupun pd panel listrik
jawab
-Pada mesin
Pastikan kedua mesin bantu sdh dalam keadaan runing normal, pastikan mesin genzet sdh siap menerima beban penuh
-Pada switchboard
Pastikan semua indicator di panel bekerja baik dan sudah swichboard untuk kedua generator bekerja dengan baik, periksa frekwensi meter sdh sesuai dgn rpm generator (50hz/60hz)sesuai kedua generator pd frekwensi yang sama, posisi frekwensi & posisi arow berputar searah jarum jam degan sangat pelan

Sebuah AE 600 kva,440 volt, 720 rpm, 6 cyl akn dilakukan perbaikan berkala “major overhoul”jelaskan berp perkiraan jam kerja & dan jelaskan bagian apa sj yng dilkukan pemeriksaan
Jawab
Jam kerja :antara 8000-19000
Hal-hal diperiksa : pelapis silinder, torak piston, ring/cincin torak, piston pin, dll

Pada kete uap jenis pipa air (water tubes steam boiler) tyfe D yg umum digunakan dikapl2 besar kuran diatas 5000 dwt gmbarkn sket sederhana ketel uap tyfe D tersebut dan sebutkan nama katup2 yg menempel dibadan ketel uap
Jawab
Nama2 katup antar lain :
-katup uap pertama (main steam valve)
-katup keamanan ada 2 (sfety valve)
-katup cerat udara (air cock/air drain valve)
-katup kontrol tekanan uap (pressure steam uap valve)
-katup pengisian (feed water inlet valve)
Katup tekanan sirkulasi air ketel (hot wter circullation discharger Valve)
-katup isap sirkulasi air ketel (hot water circulation suction water)
-katup buangan kotoran permukaan air ketel (surface blow down valve)
-katup buangan kotoran dasar air ((botom blow down valve)  
-katup control permukaan air ketel ada 2 set ( gauge glass valve)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar